• MTSN 3 DEMAK
  • Akhlak Terpuji Ilmu Teruji

MTs N 3 DEMAK SIAP MENYAMBUT PESERTA DIDIK BARU TP 2021/ 2022

Pendaftaran telah dibuka!

 

Semester genap akan berakhir, dan Tahun Pelajaran 2021/ 2022 pun menjelang. MTs Negeri 3 Demak kini telah bersiap menyambut calon peserta didik baru dengan optimis dan bangga. Tak jauh beda dari tahun sebelumnya, pendaftaran capesdik kali ini juga dilakukan dalam jaringan. Setali tiga uang, selain melakukan social distancing atau physical distancing  untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, hal ini selaras dengan program digitalisasi madrasah yang dicanangkan oleh Kementerian Agama RI. Meski demikian, pihak panitia selalu siap sedia membantu para wali murid yang mengalami kendala atau hendak mendaftarkan putra-putrinya secara langsung, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

Penerimaan peserta didik baru tahun ini dilaksanakan dengan mengacu pada Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI No. 7292 Tahun 2020 tentang Juknis PPDB RA, MI, MTs, MA dan MAK Tahun 2021/ 2022, yang bertujuan menjamin agar PPDB di lingkungan madrasah berjalan secara objektif, akuntabel, dan tidak diskriminatif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Akhlak terpuji, Ilmu Teruji”, slogan MTs Negeri 3 Demak ini mencerminkan target output dari pelayanan pendidikan yang akan diraih, melalui serangkaian program yang disajikan secara sistematis dari madrasah yang berlokasi di Desa Pulosari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak ini. Madrasah yang telah berdiri sejak 23 tahun lalu ini selalu melakukan inovasi program dalam rangka memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik kepada masyarakat.

Program boarding tahfidz dan sains merupakan program unggulan yang tahun ini baru memasuki tahun keduanya. Meski baru saja dikelola, rancangan ini menunjukkan masa depan yang cemerlang. Program ini menarget lulusannya memiliki kompetensi menghafal Al-Qur’an minimal 6 juz selama tiga tahun. Namun belum genap satu tahun, tahun pertama ini menunjukkan tak sedikit siswa yang telah melampaui target pada tahun yang ditetapkan. Qur’an Hafidz yang digunakan membagi tiap halaman menjadi tiga blok warna, yang tiap blok harus dicapai hafalannya pada tiap harinya. Program boarding ini merupakan pengembangan dari kegiatan tahfidz non-asrama yang telah dilaksanakan sebelumnya, sejak tahun 2016.

Rancangan sekolah berasrama ini sekaligus menjawab animo masyarakat yang menginginkan putra-putri mereka tidak hanya unggul dalam pelajaran sekolah, tetapi juga menjadi hafidz hafidzah yang berakhlak mulia.

“Kami sudah bertekad untuk mengambil peran penting ini. Kami akan berupaya sebaik mungkin untuk mengantarkan putra- putri kami menjadi hafidz hafidzah, tanpa harus tertinggal pelajaran dari pada mereka yang tidak mendalami tahfidz. Untuk itulah, kami memulai program boarding tahfidz dan sains, dengan memberikan selingan materi sains selain kegiatan utama tahfidz, di luar kegiatan sekolah yang reguler,” Hj. Rodliyah, Kepala madrasah tersebut menjelaskan.

Tidak hanya kelas berasrama, tetapi kelas reguler juga digarap sungguh- sungguh oleh madrasah ini. Hal ini dibuktikan dengan segudang prestasi yang telah diraih dari tahun ke tahun, baik akademik maupun non-akademik, baik itu di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional, dan bahkan internasional.

Pada tahun ini, MTs N 3 Demak menyediakan kuota 8 rombel/ kelas, termasuk kelas boarding dengan masing- masing kelas berisi 32 peserta didik, dan ekstra 2 peserta didik untuk kelas berasrama.

Pendaftaran untuk kelas boarding segera dilaksanakan pada tanggal 8 Maret s/d 22 April 2021. Sedangkan untuk kelas reguler, pendaftaran dilaksanakan pada tanggal 24 Mei s/d 17 Juni 2021.

Persyaratan maupun info lengkap Penerimaan Peserta Didik Baru tahun ini dapat dilihat pada flyer yang telah diluncurkan sebelumnya.

Penulis : Maulida Khasanah

Tulisan Lainnya
Peringatan Nuzulul Qur’an 1445 H Tahun 2024 di MTs Negeri 3 Demak

Demak (MTsN 3) – Bertempat di Masjid Syifaush Shudur, peringatan Nuzulul Qur’an 1445 H Tahun 2024 oleh civitas akademika MTs Negeri 3 Demak berlangsung pagi ini, Rabu (03/04

07/04/2024 10:04 - Oleh Admin - Dilihat 84 kali
Workshop Implementasi Penilaian Kinerja ASN dan PPPK melalui E-Kinerja bagi Guru dan Tendik di MTs Negeri 3 Demak

Demak (MTsN 3) – Dalam rangka meningkatkan profesionalitas guru dan kinerja ASN di lingkungan Kementerian Agama, serta memudahkan dalam penilaian dan pengawasan terhadap kinerja p

06/02/2024 12:43 - Oleh Admin - Dilihat 1146 kali
Visitasi Dewan Juri Lomba Madrasah Sehat (LMS) di MTs Negeri 3 Demak, Madrasah Peringkat 1 Hasil Penilaian Portofolio Lomba Madrasah Sehat (LMS) Tingkat Jawa Tengah Tahun 2023

Demak (MTsN 3) – Menindaklanjuti Surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Nomor: 01.041/Kw.11.2/2/PP.03.1/09/2023 tanggal 01 September 2023 perihal Lomba

13/12/2023 15:18 - Oleh Admin - Dilihat 1327 kali
Upacara Peringatan HUT ke-52 KORPRI di MTs Negeri 3 Demak

Demak (MTsN 3) – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) dilaksanakan di MTs Negeri 3 Demak pada Rabu (29/11). Upacara diikuti ol

30/11/2023 11:30 - Oleh Admin - Dilihat 1170 kali
Semarak Hari Guru di MTs Negeri 3 Demak

Demak (MTsN 3) –  Civitas akademika MTs Negeri 3 Demak melaksanakan peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dengan warna yang berbeda pada Sabtu (25/11). Jika pada tahun sebelumn

30/11/2023 11:28 - Oleh Admin - Dilihat 1206 kali