• MTSN 3 DEMAK
  • Akhlak Terpuji Ilmu Teruji

Pembinaan GTK dan Peletakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Boarding 2 Tahfidz dan Sains MTs Negeri 3 Demak oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah

Demak (MTsN 3) – Dua kegiatan penting berlangsung di MTs Negeri 3 Demak pada Selasa (21/11), yaitu “Pembinaan GTK dan Peletakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Boarding 2 Tahfidz dan Sains MTs Negeri 3 Demak oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah”. Dua kegiatan tersebut merupakan agenda terjadwal yang baru dapat dilaksanakan secara lancar dan khidmat dengan menghadirkan Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah (Dr. H. Mustain Ahmad, S.H., M.H.), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak (H. M. Afief Mundzir, S.Ag., M.Si.), Kasi Mapenda Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak (H. Abdur Rokhim, M.Pd.I.), Pengawas Madrasah (H. Mat Royadi, S.Pd.I., M.Pd.I.), Imam Masjid Agung Demak (K.H. Abdur Rozaq, Al Hafidz), Pengasuh PP. Bustanuth Tholibin Wonosalam Demak (K.H. Abdullah Hamid, Al Hafidz), Kepala MTs Negeri 3 Demak (H. Nur Kamsan, S.Ag., M.Pd.)  dan jajarannya, Komite MTs Negeri 3 Demak, dan GTK MTs Negeri 3 Demak.

Kegiatan diawali dengan prosesi peletakkan batu pertama pada area pembangunan gedung Boarding 2 Tahfidz dan Sains MTs Negeri 3 Demak. Prosesi diawali dengan doa yang dipimpin oleh K.H. Abdullah Hamid, Al Hafidz, dilanjutkan sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak, H. M. Afief Mundzir, S.Ag., M.Si. Sebagai acara inti dari rangkaian prosesi, peletakkan batu pertama pembangunan gedung Boarding 2 Tahfidz dan Sains MTs Negeri 3 Demak secara berurutan dilakukan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak, dan Kepala MTs Negeri 3 Demak.

Selanjutnya, pasca-prosesi peletakkan batu pertama pembangunan gedung Boarding 2 Tahfidz dan Sains MTs Negeri 3 Demak, kegiatan bergeser ke ruang pertemuan MTs Negeri 3 Demak. Seluruh tamu undangan dan GTK MTs Negeri 3 Demak mengikuti Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan MTs Negeri 3 Demak oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

Sambutan awal disampaikan oleh Kepala MTs Negeri 3 Demak yang mengulas mengenai kuantitas dan kualitas GTK, sarana, dan prasarana di MTs Negeri 3 Demak. Ia juga menyampaikan mengenai program unggulan yang sudah berjalan di MTs Negeri 3 Demak, yaitu Boarding Tahfidz dan Sains Bustanul Qur’an, yang diluncurkan perdana pada tiga tahun silam, tepatnya tahun 2020. Program unggulan tersebut telah mencetak para hafidz/hafidzah muda yang tidak hanya salihah, tapi juga unggul dalam hal penguasaan ilmu sains dan bahasa.

Selain progam unggulan yang sudah berjalan, Kepala MTs Negeri 3 Demak juga menyampaikan program unggulan baru yang rencananya akan dilaksanakan pada tahun pelajaran 2024/2025 mendatang, yakni Qiroatul Kutub, sebuah program pengajian dan pengkajian kitab-kitab klasik (kitab kuning). Menurutnya, kajian terhadap kitab kuning dewasa ini sangat jarang ditemui di masyarakat. Meski masih terjaga, kitab kuning sebagai aset  khazanah dari para ulama-ulama besar Islam di Indonesia harus dilestarikan pada generasi selanjutnya.

“Selain dapat memaknai isi kandungan dan meresapi makna serta nasihat para ulama terdahulu yang terdapat di dalam kitab kuning tersebut, program ini juga dapat menjadi ajang untuk menjaring bibit-bibit yang unggul di bidang pengajian dan pengkajian kitab kuning,” paparnya.

Kepala MTs Negeri 3 Demak menutup sambutannya dengan doa dan harapan semoga program Qiroatul Kutub nanti dapat menghidupkan kembali dan menggemarkan para santri di MTs Negeri 3 Demak pada khususnya, dan masyarakat Demak pada umumnya, dengan khazanah pengajian dan pengkajian kitab kuning.

Selanjutnya, sebagai acara inti, Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Dr. H. Mustain Ahmad, S.H., M.H., menyampaikan arahan dan pembinaan kepada seluruh GTK MTs Negeri 3 Demak. Dalam pembinaannya terkait pembangunan gedung boarding, Kakanwil menyampaikan apresiasi atas soliditas seluruh keluarga besar MTs Negeri 3 Demak, khususnya komite madrasah, sehingga pembangunan gedung Boarding 2 Tahfidz dan Sains Bustanul Qur’an MTs Negeri 3 Demak dapat direalisasikan. Ia juga berharap agar pembangunan ditatakelolakan dengan baik, akuntabel, dan administratif sehingga tidak mendatangkan masalah di kemudian hari.

Selanjutnya, Kakanwil menyampaikan pentingnya bargaining position agar menjadi seseorang atau sesuatu yang disegani. Menurutnya, setidaknya ada dua cara yang dapat dilakukan agar memiliki bargaining position. Yang pertama adalah kualitas, yang kedua adalah soliditas. Kualitas diperoleh dengan kemampuan, tetapi jika tidak dipunyai, maka bangunlah kekuatan dengan soliditas. Untuk mencapai soliditas hanya membutuhkan kemauan.

“Kualitas butuh kemampuan, soliditas butuh kemauan,” ringkasnya, mengaksentuasi kalimat penutup dari pembinaan yang disampaikannya.

Pembinaan yang dilakukan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Dr. H. Mustain Ahmad, S.H., M.H., menjadikan pengetahuan dan pencerahan dalam meningkatkan kualitas dan profesionalitas bagi GTK, khususnya ASN, MTs Negeri 3 Demak.

Antusiasme dalam menyimak kegiatan pembinaan makin berwarna saat grup band siswa MTs Negeri 3 Demak,  Brilliant Symphony Coustic, berkolaborasi dengan dua guru seni musik mempersembahkan dua lagu terbaik. Rumah Kita (Godbless) dan Tak Segampang Itu (Anggi Marito) dibawakan sang vokalis dengan apik di bawah bimbingan pengampu ekskul band, Rian Hadi Prayitno, S.Pd. dan Agus Trisnoto, S.Pd.

Akhirnya, doa yang dipimpin oleh K.H. Kholilur Rohman, Al Hafidz - pengurus komite MTs Negeri 3 Demak - menutup acara sekaligus membungkus harapan dan cita-cita akan keberkahan acara dan kualitas MTs Negeri 3 Demak ke depannya sebagai madrasah yang unggul dalam akhlak dan ilmu pengetahuan.

 

 (Ikha Mayashofa Arifiyanti)

Tulisan Lainnya
Peringatan Nuzulul Qur’an 1445 H Tahun 2024 di MTs Negeri 3 Demak

Demak (MTsN 3) – Bertempat di Masjid Syifaush Shudur, peringatan Nuzulul Qur’an 1445 H Tahun 2024 oleh civitas akademika MTs Negeri 3 Demak berlangsung pagi ini, Rabu (03/04

07/04/2024 10:04 - Oleh Admin - Dilihat 108 kali
Workshop Implementasi Penilaian Kinerja ASN dan PPPK melalui E-Kinerja bagi Guru dan Tendik di MTs Negeri 3 Demak

Demak (MTsN 3) – Dalam rangka meningkatkan profesionalitas guru dan kinerja ASN di lingkungan Kementerian Agama, serta memudahkan dalam penilaian dan pengawasan terhadap kinerja p

06/02/2024 12:43 - Oleh Admin - Dilihat 1198 kali
Visitasi Dewan Juri Lomba Madrasah Sehat (LMS) di MTs Negeri 3 Demak, Madrasah Peringkat 1 Hasil Penilaian Portofolio Lomba Madrasah Sehat (LMS) Tingkat Jawa Tengah Tahun 2023

Demak (MTsN 3) – Menindaklanjuti Surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Nomor: 01.041/Kw.11.2/2/PP.03.1/09/2023 tanggal 01 September 2023 perihal Lomba

13/12/2023 15:18 - Oleh Admin - Dilihat 1344 kali
Upacara Peringatan HUT ke-52 KORPRI di MTs Negeri 3 Demak

Demak (MTsN 3) – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) dilaksanakan di MTs Negeri 3 Demak pada Rabu (29/11). Upacara diikuti ol

30/11/2023 11:30 - Oleh Admin - Dilihat 1188 kali
Semarak Hari Guru di MTs Negeri 3 Demak

Demak (MTsN 3) –  Civitas akademika MTs Negeri 3 Demak melaksanakan peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dengan warna yang berbeda pada Sabtu (25/11). Jika pada tahun sebelumn

30/11/2023 11:28 - Oleh Admin - Dilihat 1226 kali