• MTSN 3 DEMAK
  • Akhlak Terpuji Ilmu Teruji

SOSIALISASI REGULASI BARU TENTANG KURIKULUM MADRASAH DI MTs NEGERI 3 DEMAK

SOSIALISASI REGULASI BARU TENTANG KURIKULUM MADRASAH DI MTs NEGERI 3 DEMAK

 

Struktur kurikulum 2013 dari pemerintah yang harus diimplementasikan di madrasah memerlukan kebijakan khusus dari Kementerian Agama, mengingat madrasah adalah lembaga pendidikan umum yang berciri khas Islam. Madrasah dapat melakukan inovasi dan pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan dalam hal menguatkan program yang menjadi ciri khas dan keunggulannya tersebut. Atas dasar itulah, Kementerian Agama telah menetapkan serangkaian regulasi yang termaktub dalam Keputusan Menteri Agama (KMA), antara lain adalah KMA Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab pada Madrasah sebagai pengganti dari KMA Nomor 165 Tahun 2013, dan KMA Nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah yang akan menggantikan KMA Nomor 117 Tahun 2014.
Meski KMA Nomor 183 Tahun 2019 telah tetapkan pada awal Mei 2019 dan KMA Nomor 184 Tahun 2019 telah ditetapkan sejak 7 Mei 2019, tetapi Keputusan Menteri Agama ini tidak langsung diberlakukan pada tahun terbitnya KMA, yaitu tahun 2019. Sehingga pada tahun pelajaran 2019/2020, penyelenggaraan pendidikan di madrasah masih menggunakan regulasi yang lama yakni KMA Nomor 165 Tahun 2013, dan KMA Nomor 117 Tahun 2014 sebagai dasar dalam mengimplementasikan kurikulumnya. Kedua regulasi baru tentang kurikulum tersebut akan dijalankan pada tahun pelajaran 2020/2021, begitu pula halnya di MTs Negeri 3 Demak yang akan mengimplementasikan regulasi ini di tahun pelajaran 2020/2021. Oleh karena itu, sosialisasi perlu dilakukan mengenai dua regulasi tersebut kepada seluruh tenaga pendidik di MTs Negeri 3 Demak agar dapat mengimplementasikannya dengan baik dalam proses pembelajaran.
Kegiatan sosialisasi KMA Nomor 183 dan 184 tahun 2019 kepada seluruh tenaga pendidk MTs Negeri 3 Demak berlangsung pada hari ini, Rabu, 17 Juni 2020, dipimpin langsung oleh Kepala MTs Negeri 3 Demak, Hj. Rodliyah, S.Ag., M.S.I., yang didampingi oleh Waka Urusan Kurikulum, Hj. Himmatul Aliyah, S.Ag., M.Pd.I.
Dalam paparannya, Waka Urusan Kurikulum menjelaskan bahwa KMA Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab pada Madrasah berlaku untuk semua jenjang madrasah, dari Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA), yang ruang lingkupnya terdiri atas: Kerangka Dasar Kurikulum PAI dan Bahasa Arab, Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi PAI dan Bahasa Arab, Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab, Penilaian PAI dan Bahasa Arab, Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) PAI dan bahasa Arab pada madrasah. Sementara itu, KMA Nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah merupakan panduan dalam mengimplementasikan kurikulum di madrasah, yang ruang lingkupnya terdiri atas: struktur kurikulum, pengembangan implementasi kurikulum, muatan lokal, ekstrakurikuler, pembelajaran pada madrasah berasrama, dan penilaian hasil belajar.
Inti dari KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab pada Madrasah bahwasannya adalah Kurikulum PAI dan Bahasa Arab dikembangkan atas dasar kebutuhan akan perubahan rancangan dan proses pendidikan dalam rangka memenuhi dinamika kehidupan keberagamaan, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. PAI dan Bahasa Arab di madrasah dirancang untuk mendukung terwujudnya madrasah sebagai agent of change (agen perubahan) dan social reconstruction (rekonstruksi sosial) untuk menyiapkan peserta didik yang memiliki sikap moderasi keberagamaan dan berkontribusi secara optimal dalam upaya membangun knowledge-basedsociety (masyarakat berbasis pengetahuan) dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. PAI dan Bahasa Arab diharapkan tidak hanya menjadikan peserta didik sebagai pribadi yang tekun beribadah, tetapi juga memiliki kepekaan sosial serta berkontribusi membangun masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan.
Adapun regulasi yang mengatur terkait pedoman implementasi kurikulum pada madrasah dalam KMA Nomor 184 Tahun 2019 dimaksudkan sebagai panduan bagi satuan pendidikan dalam mengimplementasikan kurikulum di madrasah, sehingga KMA ini akan menjadi standarisasi implementasi kurikulum di madrasah dan memberikan kesempatan kepada madrasah untuk berinovasi dalam mengimplementasikan kurikulum madrasah.
Dalam kesempatan yang sama, Kepala MTs Negeri 3 Demak juga melakukan sosialisasi mengenai Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 2791 Tahun 2020 tentang Panduan Kurikulum Darurat pada Madrasah sebagai panduan penyelenggaraan pendididikan dan pembelajaran di madrasah pada masa darurat pandemi Covid-19 (Corona). Dengan diterbitkannya panduan Kurikulum Darurat pada Madrasah diharapkan menjadi pedoman dan panduan agar proses pembelajaran tetap dapat berjalan dengan efektif dan efisien, meski sedang dalam status darurat Covid-19.
Bilamana kegiatan pembelajaran dalam satu tahun pelajaran harus berjalan, sedangkan terjadi kondisi darurat yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai masa darurat, maka pembelajaran masih harus tetap berjalan walaupun tidak bisa dilaksanakan sebagaimana kondisi normal biasanya. Siswa harus tetap mendapatkan layanan pendidikan dan pembelajaran. Pembelajaran tersebut perlu dilaksanakan dengan mengacu program tata kelola tertentu yang disebut panduan kurikulum darurat
Pada masa darurat Covid-19, madrasah melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kondisi dan kreatifitas masing-masing. Siswa pun dapat belajar dari rumah dengan bimbingan guru dan orang tua sehingga segenap lapisan masyarakat tetap mendapat layanan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas.
Dalam rangka mendukung kegiatan belajar dari rumah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah melakukan beberapa inovasi dan terobosan seperti membangun aplikasi E-Learning Madrasah yang dapat digunakan secara gratis, menyediakan buku pelajaran elektronik, menggalakkan gotong royong sesama guru dalam menyediakan konten e-learning, dan usaha-usaha lainnya.
Jadi dapat disimpulkan bahwa kurikulum darurat adalah kurikulum yang disusun dan dilaksanakan oleh satuan pendidikan pada masa darurat. Oleh karena itu, semua aspek yang berkenaan dengan perencanaan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar disesuaikan dengan kondisi darurat yang terdapat dan dirasakan oleh setiap satuan pendidikan madrasah. Kurikulum darurat mempertimbangkan kondisi darurat setiap daerah dan madrasah yang berbeda. Sehingga implementasi kurikulum darurat di setiap satuan pendidikan bisa berbeda-beda sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing, begitu pula halnya implentasi kurikulum darurat yang akan berbeda pelaksanaannya di MTs Negeri 3 Demak nantinya.

Ikha Maya

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara Virtual di MTs Negeri 3 Demak

   (Demak - MTsN 3) Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia setiap tanggal 1 Oktober merupakan momentum yang sangat penting bagi bangsa In

02/10/2020 01:52 - Oleh Yuyun Isi - Dilihat 67 kali
Upacara Peringatan HUT ke-75 RI secara Daring di MTs Negeri 3 Demak

Upacara Peringatan HUT ke-75 RI secara Daring di MTs Negeri 3 Demak   (Demak-MTs Negeri 3 Demak) Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia yang jatuh pada hari S

17/08/2020 13:44 - Oleh Yuyun Isi - Dilihat 401 kali
PEMILIHAN WAKIL KEPALA MADRASAH URUSAN KESISWAAN DAN PEMBENTUKAN TIM PENANGANAN COVID-19 DI MTS NEGERI 3 DEMAK

PEMILIHAN WAKIL KEPALA MADRASAH URUSAN KESISWAAN DAN PEMBENTUKAN TIM PENANGANAN COVID-19 DI MTS NEGERI 3 DEMAK   Kinerja sebuah madrasah salah satunya ditentukan oleh kapabilitas d

20/06/2020 08:28 - Oleh Yuyun Isi - Dilihat 723 kali
RAPAT PENETAPAN KENAIKAN KELAS MTs NEGERI 3 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020 DI MASA PANDEMI

RAPAT PENETAPAN KENAIKAN KELAS MTs NEGERI 3 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020 DI MASA PANDEMI Pandemi Covid-19 membawa dampak pada penyelenggaraan pendidikan, baik pada proses pelaksanaan

18/06/2020 08:13 - Oleh Yuyun Isi - Dilihat 593 kali
PENGUMUMAN KELULUSAN MTs NEGERI 3 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Pengumuman Kelulusan MTs Negeri 3 Demak              MTsN 3 Demak – Pandemi Corona di Indonesia belum menunjukkan masa berakhirnya. Pembelajaran

05/06/2020 21:21 - Oleh Yuyun Isi - Dilihat 571 kali